Social Security Card For Non Citizen

Bagaimana cara untuk mendapatkan Social Security Number (SSN) untuk Non Citizen ?




Social Security Number adalah nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang yang berada di United Stated of America dari lahir sampai meninggal hal ini disebabkan banyaknya terjadi kriminalitas dan privacy invasion serta memberikan kemudahan untuk pemerintah dalam melakukan investigasi. Oleh karena itu untuk para pendatang juga diharuskan mempunyai SSN agar US goverment dapat mengidentifikasi identitas kita.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan SSN ini yaitu online atau datang langsung ke Social Security Department Building. Saya memilih cara yang kedua dengan datang langsung ketempat tersebut. Dari informasi yang saya dapatkan bahwa kita bisa mendapatkan SSN sejak pertama kali kita datang ke USA atau sebelum kita mendapatkan Green Card karena untuk hal tertentu SSN sangant dibutuhkan contohnya saja untuk tax return karena suami harus mengubah statusnya dari "single" menjadi "married" maka dibutuhkan informasi dari istri yang bersangkutan dan juga untuk Bank Account karena menikah otomatis saya masuk ke rekening bank suami atau bisa disebut juga dengan Join Account.

Sebelumnya kami tidak mengetahui bahwa SSN dapat diperoleh sebelum mendapatkan Green Card jadi yang kami lakukan untuk mengisi SSN di formulir Tax Return dan Bank Account adalah menggunakan no ITIN (Individual Taxpayer Identification Number), untuk mendapatkan ITIN ini kami harus mengirimkan passport asli, dan akte kelahiran saya yg telah ditranslate ke Bahasa Inggris serta membayar beberapa dollar (Saya lupa pastinya) lalu dikirimkan ke IRS. Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca disini : http://www.irs.gov/Individuals/Individual-Taxpayer-Identification-Number-%28ITIN%29

Lanjut kepembahasan bagaimana cara untuk mendapatkan SSN bagi Non Citizen, apabila anda mempunyai waktu lebih baik datang langsung ke gedung untuk SSN ini, persyaratannya tidak banyak. Sesampai disana ambil no.antrian, menunggu sampai no antrian dipanggil, lalu perlihatkan ID karena waktu itu saya sudah mendapatkan Green Card dan Employment Authorization Card jadi cukup menunjukan 2 ID ini lalu mengisi formulir. Selesai dan tinggal menunggu SSN di mailkan kerumah selama satu atau dua mingguan..:)

Untuk yang tidak mempunyai waktu dapat juga melakukannya dengan online. Silahkan check link dibawah ini untuk keterangan lebih lanjut :

http://www.socialsecurity.gov/ss5doc/ss5doctext.htm#o-non-adult 

Social Security Number sendiri mempunyai beberapa digit yang terdiri dari Area Number, Group Number dan Serial Number. Digit - digit inilah yang digunakan untuk mengidentifikasi identitas kita, saran saya apabila anda telah mendapatkan SSN lebih baik segera di hafalkan dan jangan pernah menyimpan SSN card anda didalam dompet, hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi seperti pencurian identitas dan lain sebagainya.




Semoga Berhasil dan selalu berhati - hati...(",)V

Komentar

  1. Lihat SSN mr Big dah kumal banget tuh kartunya bahkan tak dilaminanting pula, tapi dia hafal mati diluar kepala.. oh ternyata nomor itu punya makna area dan serial segala ya..baru tahu :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb itu kartu SSN ga boleh di laminating, memang harus dihafalin mb setelah dapat kartu itu.. klo bisa kartunya ditinggal dirumah aja jangan dibawa kemana - mana, kecuali untuk hal - hal tertentu yg mengharuskan untuk memperlihatkan kartu tersebut..:D

      Hapus
  2. Mas cara untuk mendaftar ITIN gimana ya.....
    Bisa gak dengan cara online...
    Persyaratan yang di butuhkan apa aja

    BalasHapus
  3. Mas cara untuk mendaftar ITIN gimana ya.....
    Bisa gak dengan cara online...
    Persyaratan yang di butuhkan apa aja

    BalasHapus
  4. Bagaimana cara mengklaim SS saya yang sudah berusia 60 tahun yang sekarang saya berada di Indonesia

    BalasHapus
  5. Bantu jawab ya gan
    Pembuatan itin hrs me ngirim passport asli.trz dikembalikan lg Kapan.cara cek passport ny gonna.thx

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer