Visa K-1 "Fiancé(e) Visas" Amerika Serikat (U.S.A) Tahap Pertama

Kali ini saya mau membahas mengenai Visa K-1 (Fiancee Visa) untuk anda yang mempunyai pasangan warga negara amerika, kebetulan sekali pertama kali saya datang kesini dengan menggunakan Visa K-1 ini, jadi saya hanya ingin berbagi pengalaman sesuai dengan apa yang sudah saya alami.

Visa K-1 ini biasanya digunakan bagi pasangan yang berniat untuk menikah di Amerika Serikat, dengan batas waktu yang diberikan 6 bulan setelah visa tersebut dikeluarkan oleh US Embassy di Jakarta ataupun Surabaya, tetapi setelah menginjakan kaki di USA maka immigrasi hanya memberikan waktu 90 hari untuk menikah.Visa K-1 ini sendiri biasanya memakan waktu 3 bulan dari pengajuan petition ke USCIS sampai approvednya, tetapi bisa juga memakan waktu lebih lama dari itu tergantung dari kelengkapan document yang dibutuhkan atau terjadinya kehilangan document oleh USCIS juga bisa memperpanjang waktu visa untuk di approved.

Saya dan suami mengajukan Visa K-1 ini tanpa menggunakan lawyer, semua kami lakukan sendiri. Langkah - langkah dari pengajuan visa K-1 ini antara lain :

1.Melakukan pembayaran yang diminta oleh USCIS, bisa melalui paycheck atau money order lainnya.

2. Membuat Cover Letter yang mencakup deskripsi tentang kenapa mengajukan petisi  (I-129F), daftar isi (daftar segala sesuatu dalam paket)





3. Mengisi file form I-129F yang diisi oleh petitioner yaitu suami saya (waktu itu masih tunangan), form tersebut bisa didapatkan disini http://www.uscis.gov/i-129f atau bisa juga didapatkan disini http://www.visajourney.com/content/k1forms



4. Deklarasi yang menyatakan bagaimana Anda bertemu secara pribadi dengan pasangan dalam  dua tahun terakhir.

 

5. Pernyataan asli (dari kedua belah pihak) yang menyatakan keinginan mereka untuk menikah dalam waktu 90 hari setelah memasuki US dengan visa K-1.





6. Bukti telah bertemu secara pribadi dalam waktu 2 tahun terakhir


7. G-325A diajukan oleh petitioner, ditandatangani dan diberi tanggal


8. Satu buah photo ukuran passport dari petitioner. Tulis nama lengkap dari petitor di bagian belakang. Masukkan ke kantung plastik bening dan ditandai dengan nama lengkap ‘petitioner’. Lekatkan kantung plastik ke kertas dibelakang G-325A


9. G-325A diajukan oleh tunangan petitioner, ditandatangani dan diberi tanggal


10. Satu buah photo ukuran passport dari tunangan petitioner. Tulis nama lengkap dari tunangan petitor di bagian belakang. Masukkan ke kantung plastik bening dan ditandai dengan nama lengkap ‘tunangan petitioner’. Lekatkan kantung plastik ke kertas dibelakang G-325A


11. Foto kopi dari akte kelahiran dari petitioner (bagian depan dan bagian belakang) atau semua halaman passport US petitioner yang dikeluarkan dan berlaku paling sedikit 5 tahun terakhir atau foto kopi sertifikat naturalisasi warga negara US (bagian depan dan bagian belakang). Ini untuk membuktikan kewarganegaraan US.


12. Foto kopi dari akte perceraian untuk petitioner atau tunangan petitioner jika salah satu atau keduanya pernah menikah sebelumnya. Jika pernikahan dari salah satu atau keduanya diakhiri dengan kematian, sertakan foto kopi akte kematian yang bersangkutan.


13. Bukti sah perubahan nama dari salah satu atau keduanya jika ada dokumen lain yang berbeda nama. Anda harus memberikan USCIS foto kopi dari dokumen sah yang membuktikan pergantian, seperti akte pernikahan, adopsi atau surat pengadilan.


Untuk keterangan lebih lanjut juga dapat dilihat pada link berikut ini : http://www.visajourney.com/content/k1guide 
  
 Sebenarnya pengajuan untuk Visa K-1 ini tidaklah sesulit yang dibayangkan, asalkan teliti dalam mempersiapkan dokumennya dan harus rajin - rajin membaca melalui website USCIS sendiri atau visajourney, apabila petition telah dikirimkan harus sering - sering juga di cross check sampai manakah casenya sudah berjalan.





Semoga Berhasil..:)  





note : Untuk sampel dokumen dapat dilihat disini http://www.usimmigrationjourney.com/sample-cover-letters-uscis-noa/




 

Komentar

  1. Mbak... met kenal ya. Aku sedang belajar soal visa K-1 dan nyangkut di sini... Aku juga nulis petunjuknya step by step. Dan postingan ini sangat inspiratif, isinya hampir mirip soalnya aku nulis dari visajourney tapi versi inggrisnya, dan mencoba detil.. kalo tidak keberatan e-mail ke aku ya, ratnawatiutami@yahoo.com . ma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mb Ratnawati...

      Saya memang mengambil semua tahapan untuk pengajuan petition K-1 dari visa journey mb karena waktu pertama kali pengajuan visa kami suami saya memang menggunakan visa journey. Jadi tinggal ditranslate saja dan ditambahkan contoh dokumennya agar memudahkan para pembaca.

      Yang mau diemailkan apanya yaa mb ?

      Btw, terimakasih sudah mampir diblog saya...salam kenal :)

      Hapus
    2. pengen kenalan, masih proses sih jadi deg-degan banget. kalo tau emailnya kan bisa korespondensi gitu. ma kasih ya komenku udah dibalas

      Hapus
  2. Salam kenal mbak, saya vina di Malang. Saya rencana juga mau menikah dg WN Amerika.Rencananya mngggunakan visa tunangan dan menikah disana.Saat ini calon suami saya sedang mengurus pengajuan viaa tunangan tsb.Katanya nnti saya akan di tlpon oleh pihak dr sana dan harus melakukan interview di kedutaan d jakarta.Apa saja ya kak yg harus saya siapkan? Saya bnar2 bngung.Krn skarang posisi calon suami juga di Amerika.

    BalasHapus
  3. hello mb Vina...

    untuk interview yang di USEM Jakarta itu sudah memasuki tahap kedua mb, tahap pertama petition dari tunangan mb harus di approved dulu dari USCIS yang di US...nanti klo petitionnya sudah di approved baru dikirimin email dari usem di Jakarta untuk melengkapi dokumen sebelum bikin appoitment interviewnya. Sekarang petition K1 visa mb and tunangan mb sudah sampai mana ? dan sudah berapa bulan ?

    BalasHapus
  4. Hi Winda, salam kenal. Nemu blog kamu hasil dari browsing2 visa US. Nama saya Gita dan baru akan apply visa K1, efek dari visa turis yang ditolak seminggu lalu. Boleh minta alamat email nya buat tanya2? Ini email kami: gorillalovesmonkey@gmail.com Thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq jarang buka email mb, coba search aq di fb nanti bisa PM, namanya "Winda Cool"...makasih.

      Hapus
  5. Mba winda salam knl..kebetulan Aq lg browsing ttg visa tunangan n nemu blog qm..kebetulan USCIS sdg proses petition saia n tunangan saia mba..dr februari kmrn..doakan smoga tdk lbh dr 3 bulan y mba
    Tapi kebetulan saia n tunangan saia menggunakan jasa lawyer mba. Krn jujur saia n dy sama sekali tdk mengerti visa tunangan jd sejak awal pake jasa lawyer :(

    BalasHapus
  6. mb @nia takarai...semoga visa nya cepet di approved ya mb...amiinnn. sebenarnya pakai lawyer atau tidak jatuhnya sama aja mb, semua tergantung dari case nya dan persiapan dokumen yang dibutuhkan, ada yang pake lawyer bisa juga lama, ada yg ga pakai lawyer malah cepet. Tapi selalu wish you all the best mb, semoga aja cepet yaa dan casenya berjalan lancar...:)

    BalasHapus
  7. Hallo mbak...
    Sebenarnya proses visa K1 itu gimna sich mbak?
    Saya baru brncana bwt bikin visa tunangan,
    Kami kebingungan bgt krna baru brncana.Boleh gak bls ke emai saya.
    Sopiah_Ajah@mail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mb sopiah...

      Yg ngajuin bukan mb mb, tapi tunangan mb yg US citizen sebagai petitionernya... Untuk kelengkapannya udah saya tulis di blog sedetail mungkin, tinggal dipelajari aja mb...

      Makasih udah visit..

      Hapus
  8. Mbak saya mau tanya masalah visa mbak.... saya inbok mbak di facebook karena saya nggak bisa add mbak.... tolong add ya mbak maaf jika mengganggu ... facebook saya Aisyah Bassamah

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Mba winda..aq mw kci kabar!!
    pas kemarin aq cek online status visa tunanganku..USCIS blg..my case was sent to the department of state!!akhir'y da perkembangan baru juga stl nunggu 7 bulan!!
    Tp tu kira2 arti'y dApprove atau bagaimana y??aq tny tunanganku dy mlh jg gk tw *gubrak -,-
    tp emg tunanganku dTlp ma lawyer'y n dSuruh kKantor'y jumat depan!!
    Anyway adakah seseorg dSni yg tinggal dEttrick,virginia?aq nti bakal tinggal dSana soal'y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu add Facebook KOMUNITAS PERKWANINAN INDONESIANS-AMERICANS

      Hapus
    2. Makasih y mba irna sarannya :)

      Hapus
  11. Balasan
    1. Kamu add aja Facebook KOMUNITAS PERKAWINAN INDONESIANS-AMERICANS digroup itu kamu bisa Tanya Mbak. Good luck

      Hapus
  12. Hi mbak...
    Aq lg kebingungan sendiri nh mbak
    Mau mulai drmna proses bikin fiancee visa
    Liat tulisannya aja banyak bangeuuut panjaang lebarrr.......
    Sampe bingung mau bilang apa sm calon ku
    Eniwey...
    Boleh minta bocoran pertanyaan apa aja sih biasanya yg di ajuin usem?
    Mohon d bales
    Makasie ya mbak....

    BalasHapus
  13. Hi mbak...
    Aq lg kebingungan sendiri nh mbak
    Mau mulai drmna proses bikin fiancee visa
    Liat tulisannya aja banyak bangeuuut panjaang lebarrr.......
    Sampe bingung mau bilang apa sm calon ku
    Eniwey...
    Boleh minta bocoran pertanyaan apa aja sih biasanya yg di ajuin usem?
    Mohon d bales
    Makasie ya mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan untuk interview ato yang lain Mbak? Kalo pertanyaan USEM hanya interview pertanyaan sih :awal perjumpa dgn tunangan,kerja dimana,pekerjaan ya apa,nama lengkapnya .

      Hapus
  14. hallo mbak mbak" saya ingin mengajukan visa k1 dengan tunangan saya tapi yang menjadi pertanyaan saya"nama di ktp saya tidak selengkap nama di izazah dan di akte lahir saya karena nama saya ada 36 huruf, ktp saya yang sekarang nama saya hanya di singkat apa itu bisa mbak"? trus saat check medical itu jenis penyakit apa saja ya mbak yg tidak di ijinkan untuk memasuki america? buat jawabannya terimakasih

    BalasHapus
  15. Salam kenal Mbk,tunangan saya mau mengajukan visa k1, dia baru kembali dari indonesia seminggu yang lalu, kami masih bingung mulai darimana,mau urus sendiri atau pakai jasa lawyer,bingung juga nih Mbk, saya atau tunangan saya yang harus mengajukan visa Mbk, mohon pencerahan nih

    BalasHapus
  16. Salam kenal Mbk,tunangan saya mau mengajukan visa k1, dia baru kembali dari indonesia seminggu yang lalu, kami masih bingung mulai darimana,mau urus sendiri atau pakai jasa lawyer,bingung juga nih Mbk, saya atau tunangan saya yang harus mengajukan visa Mbk, mohon pencerahan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tunangan mb buka websitenya uscis buat Visa K1, disana ada urutannya dokumen apa aja yg dibutuhin...:) good luck yaa.

      Hapus
  17. Hi mba, thanks banget informasinya mudah di cerna, jadi setidaknya sudah kebayang prosesnya kayak apa :) . oia mba aku mau tanya, mba tulis ada bukti komunikasi selama 2 tahun dengan tunangan, nah aku baru 5 bulan kenal dan mutusin untuk nikah karena ga mau lama2. Apa harus 2 tahun mba ? Oia, kalau nikah di US pake visa turis memang ga bisa ya mba ? ada temenku yang bilang bisa, ada yang bilang gak bisa. Mohon informasinya ya mba :). Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama mb sama tunangan mb punya bukti yg kuat bisa aja mb klo tunangan mb mau mengajukan petion yg penting mb and tunangan mb sudah pernah ketemu secara langsung.

      Ada banyak juga yg pake turis visa and menikah disini, tapi itu ga recomended karena menyalahin aturan, tapi kan case org beda beda, ada yg pas pake turis visa trus ketemu pasangannya or udah punya turis visa trus dapet pasangan US citizen, bisa aja mereka menikah pas di US trus mengajukan Adjustment Of Status habis itu.

      Hapus
  18. hi mbak,salam,kenal,saya ingin bertanya mbak,saya sudah menikah 2 kali, dan saat ini saya memiliki tunangan orang amerika,pertanyaannya apakah saya harus melampirkan surat cerai saya keduanya,atau hanya yg terakhir saja mbak,terimakasih mbak

    BalasHapus
  19. Hi kak salam kenal saya ingin bertanya kalau hubungan belum sampai 1 tahun apakah diperbolehkan untuk mengajukan visa k1? Mohon pencerahannya ya kak.. Terimakasih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mb...yg penting mb udah ketemu in person and bukti bukti hubungan mb kuat...simpan semua bukti seperti tiket pesawat, foto foto bersama, chattingan etc... nanti bisa dipake pas mengajukan petition K1.

      Hapus
  20. hi mba saya juga mau apply k1 visa karena bulan lalu baru ditolak tourist visa.sedih bgt deh. dan pacarku kesel dan nyuruh buat k1 visa aja, jadi yg nguruh semua kelengkapannya itu pacar saya atau saya ya mba?

    BalasHapus
  21. Dear Mba Winda..
    Mba apa kita harus kirim dokumen kita yang udah di translete in English ke States and di attach pas ajuin petition? Klo ia kira2 dokumen apa aja?
    Looking forward for your feedback..thank you

    BalasHapus
  22. Hi Mba Winda,

    Terima kasih atas informasinya yang mudah dicerna. walaupun saya belum berencana apply visa k1 dalam waktu dekat karena masih harus menyelesaikan studi di indonesia saya ingin menanyakan beberapa hal
    1. untuk bukti-bukti yang kuat salah satunya conversation record (chatting). apakah yang perlu ditunjukan chatting-an antara saya dan tunangan saya saja atau harus dengan pihak kelurga atau kerabat lainnya ?
    2. saya telah melengkapi health record (imunisasi) sesuai requirement untuk bersekolah di USA saat masih SMA. apakah requirementnya sama atau berbeda ya mba ?
    3. Untuk proces pembayaran form, petition dll apakah dilaksanakan oleh tunangan saya atau harus dilaksanakan dari indonesia ?

    mohon feedbacknya ya mba
    Terima Kasih

    BalasHapus
  23. Mb mau tanya kalau visa tunangan apa harus dilampirkan buku rekening juga?

    BalasHapus
  24. Mau tanya donk mbak.. kita tetep hrs menyertakan surat kelakuan baik dari polisi gak sih? Trus setelah dpt email dari kedutaan di jakrta. Yg kita harus siapin apa lg yaa selain dokumen yg diminta? Bayar dulu trus minta jdwal interview atau tes kesehatan dulu?

    BalasHapus
  25. Halo Mba. Boleh tanya mba? Saya ini sementara lengkapi dokumen2 saya. Tapi saya berhenti di Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian. Saya ini studi di russia dari 2005-2012 dan selama itu nga pernah pulang. Setelah itu balik lagi studi dari 3013-2015. Apa saya harus ajukan surat kepolisian dari russia krna saya tidak punya dan kalo pun saya harus proses dari russia maka akan makan waktu n lama. Saya diberi waktu 4 bulan utk lengkapi dokumen saya sebelum nantinya diwawancara utk visa K-1 ini mba. Saya n tunangan sudah di approved oleh pemerintah imigrasi amerika. Apakah saya boleh mendapatkan surat kelakuan baik dari pihak kepolisian indonesia? October ini saya setahun di indonesia. Terima kasih banyak mba.

    BalasHapus
  26. Mbak mau tanya klo pake jasa Lawyer fasiltas nya apa aja ya? Apa semua dokumen si Lawyer yg mempersiapkan? Thanks

    BalasHapus
  27. Mbak..... Apa kita harus ada pekerjaan biar diapprove visa tunangan nya ?

    BalasHapus
  28. mba sy mau tanya untuk nominal affidavit support sebaiknya ada berapa ya di tabungan pasangan?

    BalasHapus
  29. Hallo mbak... Ini minimal Sudah kenal dalam 2 thn dengan tunangan kita atau bertemu dalam 2 thn terakhir? Soalnya saya kenal dia masih 5 bulan tapi Sudah bertemu bulan ini di Indonesia. Soalnya history saya Sudah tercatat di embassy di Jakarta Setelah Gagal 2 kali pengajuan tourist visa / B2 visa

    BalasHapus
  30. Hallo mbak... Ini minimal Sudah kenal dalam 2 thn dengan tunangan kita atau bertemu dalam 2 thn terakhir? Soalnya saya kenal dia masih 5 bulan tapi Sudah bertemu bulan ini di Indonesia. Soalnya history saya Sudah tercatat di embassy di Jakarta Setelah Gagal 2 kali pengajuan tourist visa / B2 visa

    BalasHapus
  31. Dear Mba,
    saya bingung sebenernya bagaimana mengirimkan paket dokumen K-1 Visa, apakah pakai folder atau tidak?

    BalasHapus
  32. Hallo mbak ,
    Salam kenal utk semuanya disini . Boleh saya minta infonya ttg bagaimana caranya mengurus police certificate bagi WNI yg pernah tinggal di negara lain selama 1 thn lebih di negara asing tsb seperti Malaysia , Singapura ataupun di Jepang . Apakah bisa diuris secara online atau harus pergi ke negara yg pernah ditempati tsb utk mendapatkan police certificaate yg juga termaauk persayaratan yg harus dilengkapi saat interview di kedubes Amerika buat calon WNI yg mau mendapatkan visa K1 atau visa tunangan USA .. Tolong dibantu saya ya teman2 yg ada pengalaman ttg hal tsb . Trima kasih banyak sebelumnya saya ucapkan .

    BalasHapus
  33. hey kak Nahdia,
    setau saya tentang police certificate/skck untuk visa datang saja ke badan intelejen dan keamanan polri dan tidak bisa dibuat di polres karena sedikit berbeda

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer