Visa K-1 (Fiancee Visa) Tahap Kedua

Sebelumnya kita telah membahas mengenai tahapan pengajuan visa K-1 yang dilakukan oleh tunangan anda sebagai petitioner. Dalam tahap kedua ini kitalah yang banyak mengambil andil dalam prosesnya.

Apabila petition kita telah di approved oleh USCIS maka nanti mereka akan memberikan kabar kepada tunangan anda selaku petioner melalui mail, setelah itu US Embassy di Jakarta juga akan mengirimkan email kepada tunangan anda yang nantinya email ini harus di forwardkan kepada anda. Adapun contoh email yang didapat dalam case saya adalah sebagai berikut :



Email tersebut berisikan dokumen - dokumen yang harus dilengkapi sebelum menentukan waktu untuk wawancara, dokumennya antara lain :

1.pasport
2. Electronic visa application form DS 156
3. DS 156K dan DS 230
4. Akte lahir
5. Akte perkawinan (jika ada)
6.Akte ganti nama (jika ada)
7.Akte kematian atau perceraian (jika ada)
8.Surat kelakuan baik (untuk indonesia tidak diperlukan) tetapi apabila anda pernah berdomisili diluar negeri lebih dari satu tahun, surat kelakuan baik harus dibuat dari negara bersangkutan.
9.affidavit of support yang sudah dinotariskan (form I 134 untuk pemohon visa tunangan)
10. Foto 2 lembar ukurannya yang ditentukan
11.Hasil pemeriksaan kesehatan (Klinik untuk medical check up sudah ditentukan oleh mereka, waktu itu saya medical check upnya di klinik Medikaloka daerah kuningan Jakarta)
12.Bukti hubungan kebersamaan (foto,kartu ucapan dll nya )
13.Biaya $ 350.00 (waktu itu saya bayar cuma $240.00 dalam rupiah)


 Dari document diatas untuk saya hanya melengkapi document no 1,2,3,4,10,11,12,13…Untuk no 9 mereka minta document yang original jadi suratnya harus dikirim dari amerika langsung suruh pasangan anda mengirimkannya pake fedex biar lebih cepat. Kedutaan tidak menerima scan an atau  fax. Semua surat yang berbahasa indonesia diwajibkan diterjemahkan kedalam bahasa inggris terutama akte lahir, untuk medical check up biayanya sekitar 800ribuan, nanti disarankan untuk Vaksin biayanya terpisah, tiap - tiap vaksin biayanya berbeda - beda kalau anda punya vaksin record sebaiknya dibawa, jadi bisa ketauan vaksin apa saja yang anda butuhkan. Apabila semua document telah lengkap lalu email ke US Embassy yang ada di Jakarta atau Surabaya tergantung dimana anda berdomisili. Alamat emailnya ada pada email yg diforwardkan untuk mendapatkan tanggal interview.


Untuk interview biasanya weekdays jam 2 siang, saya waktu itu dapatnya hari kamis. Perasaan yang saya rasakan waktu menghadapi interview gugup sekali, takut kalau - kalau tidak bisa menjawab pertanyaan...hehehe

Ehh ternyata sekali lagi tidak sesulit yang saya bayangkan..:) waktu memasukin ruangan interview langsung di sambut senyuman dari orang kedutaannya. Isi wawancaranya antara lain :

Pewawancara : Hello, English or Bahasa Indonesia ?
Saya               : Indonesia
Pewawancara : Dimana pertama kali bertemu ?
Saya               : Online, di Chat Group
Pewawancara : Sudah berapa lama berhubungan ?
Saya               : Sudah 2 tahun, 9 bulan
Pewawancara : Sudah pernah bertemu langsung ?
Saya               : Sudah, akhir tahun kemaren tunangan saya visit kesini sampai januari.
Pewawancara : Tinggal dimana nanti di US ?
Saya               : (No & nama jalan) Holland,Michigan
Pewawancara : Tanggal lahir tunangannya berapa dan dimana ?
Saya               : (Sambil memberitahukan tanggal lahir dan tempatnya)

That's all... cuma nunggu beberapa hari visa sudah ditangan..Yaaayyyyy !!!! :D 
ini contoh visa yang saya dapatkan dan dokumen yang harus dibawa ke US :




Visa K-1 yang saya dapatkan



Beberapa minggu setelah mendapatkan visa saya baru bisa terbang ke USA... Nunggu beberapa minggu dulu karena harus menyelesaikan sidang skripsi S1 saya...hehehe

Dari sanalah perjalanan kami dimulai, merintih lembaran baru dengan suami tercinta...:) <3 <3 <3
Buat anda - anda semua yang sedang memulai atau dalam proses pengajuan visa K-1 jangan putus harapan yaa...Tetap semangat, semua perjuanganmu ga bakalan sia - sia ko...Ciaaayoooo !!!! :D

Komentar

  1. Wah bermanfaat sekali mba ini informasinya. kalau saya boleh tau berapa lama proses untuk bisa di panggil untuk interview mbak ?
    yang di maksud dsini itu apa ya mba ?
    2. Electronic visa application form DS 156
    3. DS 156K dan DS 230
    untuk akta apakah harus akta kita atau dia mba ?
    Karena sy dg calon jg sedang bingung utk pengurusan visa ke U.S karena banyak aturan baru sekarang.
    oia mba bisa minta email utk sharing informasinya.
    Terima kasih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello mb Rizqi...

      Biasanya setelah petition K1 qta di approved oleh USCIS, qta nanti akan mendapatkan pemberitahuan melalui email oleh US embassy di Jakarta, untuk memenuhi persyaratan interview.

      Jadi dari pengajuan petisi sampe di approved itu paling lama memakan waktu 3 bulanan mb, atau bisa juga lebih tergantung case nya.

      Electronic visa DS-156 itu antara lain mengenai data diri kita, yang kita print melalui websitenya US embassy Jakarta sewaktu kita akan interview.

      DS-156 K dan DS 230 itu kurang lebih sama yaitu data - data mengenai riwayat kita, seperti nama lengkapa, tempat lahir, alamat, status, nama orang tua dan lain sebagainya. Serta ada juga beberapa pertanyaan.

      Saya juga kurang tahu untuk aturan yang sekarang masih sama dengan yang dulu ato tidak. Tapi dari beberapa teman - teman yang saya bantu sepertinya aturannya masih sama mb...:)

      Good Luck yaa buat Proses Visa K1 nya...:)

      Hapus
  2. Maksudnya affidavit of support itu apa mbak? Kebetulan calon saya sedanh memulai fiance visa saya dari Indiana saat ini. Info dari embak tentunya sangat berguna bagi saya.. mbak dimana saya bisa nerjemahin akta dan dokumen saya ke bahasa inggris?terimakasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mb Anastasi...

      Maaf baru balas commentnya... semoga ga telat yaa...hehehe

      Affidavit support itu... seperti keterangan pekerjaan calon suami, berapa penghasilan, tax return document, property yang dimiliki dan lain sebagainya...

      untuk penterjemahan akte dan dokumen nanti biasanya sebelum interview K1 visa di Usem Jakarta mereka akan memberikan beberapa referensinya...:)

      Good Luck yaa mb buat k1 visas nya...

      See you in USA...:)

      Hapus
  3. Terimakasih atas infonya sangat bermanfaat. saya dan calon suami juga sdg mengurus visa k1, prosesnya cukup lama ternyata, petisi dari akhir februari baru di accepted uscis awal agustus ini, belum harus nunggu panggilan interview. stress nunggunya kalo kita ngga sabaran

    Mba saya mau tanya kalo biaya pendaftaran utk proses wawancara di kedubes berapa ya skr, kata calon saya sekitar 260$?.

    Terimakasih sebelumnya. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mb Momo..

      Maaf baru sempat bls.. Terimakasih juga telah visit blog saya..:)

      Untuk wanwancara di Usem Jkt tiap taon biasanya beda - beda mb... saya dulu tahun 2012 klo ga salah $240 an...

      Pasti mb Momo udah di US yaa skrg ? Welcome mb... Enjoy your new life here with ur lovely hubby..:)

      Hapus
  4. Alhamdulillah, makasih sebelumnya mba sudah sharing tentang masalah Visa K1 ini.
    Saya dan tunangan saya beberapa hari yang lalu sudah mengajukan Visa tersebut, dan sekarang kami sedang menunggu kabar dari mereka.
    Sambil menunggu, saya ingin mempersiapkan apa saja yang harus saya siapkan jauh" hari supaya tidak mendadak. Tadi saya membaca artikel anda dan ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan,
    1. Sewaktu Tunangan saya mengajukan Visa, kalau tidak salah dia memberikan sejumlah uang (kurang lebih $300) kepada pihak sana. apakah saya harus membayar lagi untuk wawancaranya?
    2. Saya minta referensi untuk membuat terjemahan akta kelahiran dan Medical Examination and Vaccination Requirement. apakah saya bisa melakukannya diluar Jakarta? karena saya tinggal di Bandung.

    Terimakasih dan salam kenal,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mb Cia...:)

      Benar mb untuk pengajuan petition yg di US juga dikenakan fee nya...:)

      Nanti biasanya pas mau interview di usem Jakarta mereka akan kasih beberapa referensi penterjemah dan medical check up nya...untuk vaksin sepertinya bisa dari luar karena pas medical check up nanti dokternya suka tanya sudah pernah vaksin apa saja...Nah nanti mb bawa aja vaksin recordnya saat medical check up itu...

      Salam kenal...:)

      Hapus
  5. Hi.. Senengnya bisa baca2 ttg langkah2 membuat k1 visa. Kebeneran saya Sudah di step ke 3, 5 Hari Lagi saya ada medical check up di Jakarta ( saya tinggal di Bali ). Mau tanya, vaccine yg ditentukan oleh USCS kan ada 10, biasanya berapa vaccine yg akan diterima ? Waktu itu Mbak Dapat vaccine apa aja? Dan apakah dokter menjelaskan alasan mengapa Kita butuh vaccine Itu? Karena saya menjalani organic life style , Jadi sangat concern Utk bahan kimia, Apalagi yg disuntikan ke tubuh.

    Mohon petunjuknya secara Mbak udah pengalaman..

    Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Miss suffer...:)

      Maaf telat balasnya...hehehe saya waktu itu dapet 7 vaksin mb...itu sudah ketentuan dari pihak US nya mb, buat immigrant yg masuk US harus divaksin...oia nanti vaksin record juga suka ditanyain pas interview adjustment of status (AOS), klo lagi lucky ga ditanyain...aq sih waktu itu ga ditanyain, ga disuruh medex juga...tapi ada temen juga dia suruh medex lagi dan diminta liat vaksin record...jadi incase vaksin recordnya harus dibawa pas berangkat ke us mb...siapa tw aja nanti ditanya...

      Semoga sukses nanti interviewnya mb...see you in US...:)

      Hapus
  6. Saya juga lagi nunggu jawaban dari jakarta

    BalasHapus
  7. hello miss surfer, saya lagi apply fiance visa , sekarang NVC sudah di ready tapi belum tahu kapan dapat email dari jakarta untuk medical check up dan interview, coba aja mbak telpon ke SOS di Jak, nanti mereka arahin dan semua harga mereka sebutin.

    BalasHapus
  8. Ina manurung,
    petioner ( fiance ) anda udah Dapat approval dari negaranya ? Kalo udah diaprove, mereka akan Kirim email ke faince anda Dan akan dikabari juga Kalo petisi akan dikirim ke Jakarta.

    Nah waktu itu Karena lama nunggu, harusnya 2 bulan yang lalu mereka ( Jakarta email saya ) tapi mungkin email Yg mereka Kirim tidak terikirim.
    Nah... Petition saya Dan saya berinisiative Kirim email ke embassy menanyakan status case Kami.

    Jangan lupa kasih nomer receipt / case number yg dikasih pada uscis pada saat mereka kasih approval letter ke petition.
    Pasti dibalas sama embassy jakarta.

    Good luck...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini yang kami dapat dari NVC
      U.S. Department of State
      IMMIGRANT VISA APPLICATION
      Ready
      Immigrant Visa Case Number: JAK2014******* 01 JAK
      Case Creation Date: 30-Dec-2014
      Status Updated Date: 07-Jan-2015

      Your case is ready for your interview when scheduled at the U.S. Consular section. If you have already scheduled an appointment for an interview, please prepare your documents as directed in your appointment letter and appear at the consulate on the appointed date and time. Otherwise, please wait until you have been notified of your interview appointment. Additional information about how Immigrant Visa interview appointments are scheduled can be found at: http://travel.state.gov/visa/immigrants/info/info_3731.html

      For more information, please visit TRAVEL.STATE.GOV.

      Close

      Hapus
  9. Ina manurung:

    Ohhhh Kalo gitu sih tinggal tunggu aja dari consulat Jakarta Utk email Kalian berdua. Nanti biasanya mereka email fiance Mbak Utk data ulang email and Alamat memakan waktu 1- 8 Minggu dari case number diterbitkan. Tapiiii Kalo dalam 2 Minggu belum Dapat email, mending email mereka aja.. Ke jakIV@state.gov Karena Aku kemarinan juga nunggu2, ternyata mereka emailnya gak terkirim, mereka Bilang udah email padahal gak ada email masuk dari mereka. Anyway... Aku skg tinggal jadwal interview Karena dokuments and vaccine usah lengkap nih...


    Good luck Ya

    BalasHapus
  10. Miss surfer
    hello ka, iyeah ka semua orang bilang lama nungguin dari Jakartanya, kakak kemarin berapa nunggu diterbitin case numberya ka??? kami diterbitin 7Jan yang lalu.. apa benar jakarta email tunangan kita nantiya??? sabtu lalu pacar saya sudha kirim semua document , tapi dia belum dapat email yang terakhr ini dari NVC.


    ribet banget ka ...saya sudah pusing

    BalasHapus
  11. Ina manurung:

    Nih detail application aku :
    Tgl 29 July 2014 petisi di terima oleh uscis.
    Tgl 29 September petisi diAPROVED Dan sekalian dikasih case number.
    Trs petisi dikirim ke Jakarta.
    Tgl 28 October Dapat email dari consulat Jakarta Utk lengkapi document ( disebutkan cara2nya ).
    Gak terlalu lama juga... Kira2 3 bulan.
    Karena ada yg sampe tahunan lho..
    Aku tinggal interview aja nih...

    BalasHapus
  12. hello ka miss surfer waaah cepat sekali prosesnya..
    tgl 20 N0v I-129f di terima
    tgl 4Des di approved
    tgl 2jan nvc sudah ready

    sekarang nungguin email aku ka, dan nungguin doc dr tunangan aku ka,
    ka bagi no whatsapp ya dong ini nomor aku ka +628980068132
    karna aku mau tanya ttg medical check up ka.
    makasii ka

    BalasHapus
  13. Hello, wah cepet sekali ya proses-nya.. saya nunggu 7.5 bulan untuk approval-nya. 4 Juni 2014, baru 13 Jan 2015 kemaren dapat kabar approval-nya...

    @ Miss surfer, boleh nanya untuk pengalaman vaccine, itu bagaimana ya ? karena saya enggak punya track record vaccine.

    Thank you,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mb martina...

      Cepat ato lambatnya di approved selain faktor lucky juga kadang tergantung case nya mb...ato kadang juga ada faktor human error nya seperti dokumen hilang saat dikirim, jadi casenya tertunda...:)

      Selamat yaa mb, at least visanya udah di approved... Tinggal langkah selanjutnya...Good luck yaa...:)

      Hapus
  14. Mbak Martina,

    Saya cuma divaccine 2 Aja. Semua tergantung dari imune tubuh kita.
    Saya juga gak bawa record vaccine karena gak ada. Tapi kalo udah divaccine dulu, biasanya di darah kelihatan..

    Mrs. Cool 7 vaccine ????!!!! What?!!!!!
    Kok banyak bangettttt???? Itu divaccine pas di indo ato di USA?

    Teman saya dapat vaccine 3 Aja di Jakarta, adjust status gak medex lagi karena kopian medex dari Jakarta diserahkan lagi pas di imigrasi USA sana, skg udah dapet greencard.

    Mungkin skg lebih flexible ya... Gak ngerti dehhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...aq 7 vaksin itu di Indo, waktu itu medexnya di Medika loka kuningan...Masih ada nih record nya aq simpan (Mau aq lihatin ?)...waktu
      AOS disini juga aq ga medical check up lagi...tapi ada temenku disini disuruh medical check up ulang pas AOS nya..

      Aq cuma kasih tw pengalaman aja, dari yg udah duluan kesini buat gambaran...intinya kan tiap case kan beda - beda juga...paling ga udah prepare buat hal terburuknya (semoga aja ga terjadi tapi at least tw lah)

      Untuk masalah AOS juga banyak macamnya, salah satunya disuruh medex ulang, dinterview terpisah dengan pasangan...Bahkan ada juga temen yg aq bantu K1 nya pas AOS dia ga dinterview, GC nya langsung dikirim kerumah.

      Hapus
    2. Ok lah klo begitu buat Miss Surfer...Welcome to the states

      Semoga lancar nanti persiapan pernikahannya and pengurusan AOS nya...

      Hapus
  15. Thank you so much Miss Surfer & Mrs.cool untuk keterangannya... iya nih bersyukur at least sudah approve tinggal di urusan visa di jakarta... mudah2an lancar.... kali aja bisa ketemuan di US nanti, saya di negara bagian louisiana nanti-nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama...

      Medex Aku udah Selesai, tinggal diambil . Tapi nanti tunggu jadwal interview sekalian soale Aku di Bali.
      Aku nantinya tinggal di Hawaii :)

      Hapus
    2. Mb Martina : sama - sama yaa mb... Welcome to the states...Semoga nanti lancar segala persiapannya yaa...😊 klo ada waktu nanti main ke Michigan...😊

      Hapus
    3. Mbakk Mrs.Cool...

      Boleh saya minta kontak nya.
      Ini alamat email saya safimener@gmail.com.

      Terima kasih mbak
      Salam

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. its so closer now to get visa , minggu depan ajuin interview :)
    sukses buat kita semua,

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Waah good luck yaa untuk yg lagi proses n doanya untuk saya yg hari ini mau medex n tanggl 4 bulan depan interview, terimakasih untuk tulisan diatas setidaknya saya ada gambaran dan tidak parno. And my next journey will start again after all the exhausting process to get visa, it's so closer now Alhamdulillah

    BalasHapus
  20. Hi mbak saya Novi, terimakasih byk artikelnya sangat bermanfaat. saya dan tunangan juga sedang mengajukan petisi dan case udah di NVC saat ini tinggal nunggu dikirim ke jakarta aja. semoga bisa dengar hasilnya dlm waktu dekat. case kami termasuk sangat cepat krn diajukan 18 des dan 15 januari kemaren udah ready di NVC. good luck buat yg laennya..

    BalasHapus
  21. Siang semua, saya Ririn. Saya ingin bertanya seputar mendapatkan tanggal interview?
    Apakah setelah mendapatkan Medical Check up dan Affidafid saya mengirim email ke embassy untuk meminta jadwal interview?
    ATAU Mengisi form DS 160 dahulu baru menentukan jadwal disitu? Saya bingung, mohon pencerahannya.. Makasih.

    BalasHapus
  22. *ikut nimbrung* Saya mau sharing pengalaman :) dulu pas medical check up di SOS (karena pilihannya cuma itu) ama dokter Narain, dapet 2 vaksin. Di x-ray ada fibrosis ato apa itu. Disuruh tes dahak. Karena dahak gak bisa keluar secara normal jadi ambil dahak dari lambung pake selang lewat hidung. 3 hari bolak-balik SOS Cipete >_<. Nunggu hasil keluar 3 bulan, jadi penerbitan visanya ditunda. Alhamdulillah negative (kalau positive harus diobati dulu 3-6 bulan nggak bisa dapet visa sebelum sembuh. Pas di AS, paspor ditahan di POE dikasih surat buat medical check up lagi di civil surgeon yg ditunjuk homeland security. Disuruh ngumpulin berkasnya sebulan kemudian. check up lagi, hasilnya negative. Abis itu dapet telpon dari badan kesehatan disini, disuruh ngumpulin berkas lagi ke mereka. Benar2 pengalaman yang menyenangkan. Jadi ngerti macem2 tempat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Shusiwatari,
      Thanks untuk infonya,
      Untuk sputum test yg 3 hari itu bayar gak? Kalo bayar berapa ya?
      Tina
      Terimakasih

      Hapus
  23. Hello,
    wah ikut seneng sudah ada yang sampai di interview. Saya sendiri baru selesai medical check up di SOS cipete, dan di sana langsung dikasih vaksin 3 jenis (influenza, tetanus, dan MMRI) biaya-nya jadi 1.5 juta... sekarang visa statusnya in transit, ini kebetulan ada tulisan "your interview date is was provided to you by the national visa center", nah ini apakah berarti kita nunggu dikasih tanggak atau bisa mengajukan setelah mengisi DS-160 ya?

    BalasHapus
  24. Akhirnya saya dapat Interview 11 FEBRUARI.
    hello mbak martina : kalo sudah transit itu berarti lagi pengiriman ke Jakarta, dan kalo sudah ready case nya, Jak akan email kakak apa apa aja yg akan butuhkan,

    BalasHapus
  25. Hello semua...

    Makasih sudah mampir di blog saya... Buat teman - teman yang dalam tahap proses kedua ini semoga semuanya lancar yaa sampai interviewnya...Wish you all the best guys...:) dan Salam kenal semuanya...Nanti klo dah di US kabar - kabari yaa and boleh sharing juga pengalamannya sama temen - temen yang lain...:)

    BalasHapus
  26. Congrat @irna manurung..:) see in the USA soon..:)

    BalasHapus
  27. hi Mrs Cool...
    alhamdulillah saya baru dapat kabar u/ proses selnjutnya medcek dll..
    mereka kan ngasih instruksi u/ medcek.. tp 3dokter itu ada d jakarta... apa bisa saya medcek d bandung?
    kalau bisa..dimana saya bisa medcek d bandung?
    need your advice soon...
    thanks

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. hello Mbak Cia Yustisiani , setau aku harus MCU di Jak( Sos Hospital) Aku juga dulu mau nya gitu ,MCU mau diMedan tapi aku telpon SOS mereka katakan harus diJakarta.



    Mrs. Thank you mbak :) see you soon

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba irna..
      ya, besok saya akan tlp dokternya untuk menanyakan jadwal kapan saya bisa medcek..
      mba tau ga apa saja yg harus saya bawa ketika medcek? dan cost? dan biasanya berapa jam prosesnya..dan brp lama hasilnya akan keluar...hihi
      maaf banyak bertanya

      thankyou so much

      Hapus
  30. Coba aja ditelpon pasti mereka usulin ke SOS Jak, kalau mau mcu
    Passport difotokopi
    pash photo 3x4 6lembar
    case number
    tergantung orangnya karna berbeda beda biaya untuk MCU yg membedakan Vaksin ya, proses ya lama mbak, aku dtg jam 2 selesai jam 3lewat lama antrinya mbak.aku nunggu hasilnya seminggu hari kerja

    BalasHapus
  31. hello mb @Cia Yustisiani...

    untuk medex nya harus ditempat yang direferensikan oleh Usem di JKT mb, dulu aq medexnya di Medikaloka kuningan, syaratnya sama dengan yang dikatakan mb @ irna manurung waktu itu aq cuma bawa passport dan foto dimintanya cuma selembar (lebih baik bawa banyak buat spare incase klo diminta lebih), foto copy passport mereka yang foto copy in. Costnya untuk medex waktu itu IDR.850,000 an diluar vaksin (Buat vaksinnya nanti bayar sendiri). hasil dari medex nya keluar seminggu...Good Luck yaa...:)

    mb @irna manurung...See yaa... Safe and sound yaa sampe sini...;)

    BalasHapus
  32. thanks semua...
    alhamdulillah ni baru kelar medcek...
    sayaa dapet 3vaksin..total 1,5...

    bulan depan ke sana lagi u/ ngambil hasil dan sekalian untuk interview..
    smoga semua d lancarkan...

    BalasHapus
  33. Cia Y : Good luck semoga dilancarkan

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. aahhhh....
    detik" menjelang interview malah ada masalah..
    skrg tanggal 19 (kamis) dan interview tgl 25 (rabu)..
    aku baru baca kalau i must register my application and address at http://redirect.state.sbu/?url=http://www.ustraveldocs.com/id/
    tapi link nya aja ga bisa di buka..
    ini harus dilakuin sebelum interview?
    dan saya coba buat nyari" lewat website kedutaan, tp ga ada pilihan buat K-1 visa..
    they're make me confused, trus contact no yang mereka kasiih pun ga bisa d telepon..
    need your advice again..
    sebenernya apa aja sih ka yang harus aku lakuin sebelum interview..?
    dan apa aja yang harus aku bawa...?
    nanya sama org kedutaannya malah di kasih link doang..bukannya jawab pertanyaan aku.. -_-

    BalasHapus
  36. Hallo salam kenal.. Mau ikut nimbrung dikit pas ngurus visa fiance k1..agak ribet mmg yang penting sabar ikut langkah2 yang ada pasti berhasil.. Waktu itu dari memasukkan petisi awal sampai visa approved memakan waktu sekitar 8 bulan.. Tiap case beda2 mmg ada lebih cepat&lebih lama.. Waktu itu tunanganku harus selalu update keUS embassy jkt karena jadwal interviewku g keluar juga akhirnya

    BalasHapus
  37. Jadwal interviewnya dapat juga setelah nunggu sekitar 3 bulanan.. Proses interview&mcu nya sendiri Puji Tuhan berjalan lancar pertanyaan dari consular hampir sama sama mba mrs.cool semuanya basic tentang tunangan&tempat tinggal diUS.. Buat teman2 yang baru akan mengajukan&sedang dalam proses visa fiance semangat terus ya girls pasti berhasil yang penting sabar.. Buat teman2 yang udah diUS atau yang akan tinggal disekitaran virginia hubungin aku yah.. See you soon..

    BalasHapus
  38. mb @cia yustiani
    setahu saya pas interview visa k1 persiapannya cuma bawa dokumen yang diminta aja mb, ga harus register apa - apa lagi...
    pasti sekarang mb cia udah dapet visa K1 nya yaa...selamat yaa dan welcome to USA...:)

    BalasHapus
  39. mb @Lia Palesang...

    silahkan mb Lia, saya setuju juga dengan pendapat mb lia...memang semua tergantung case nya...ada yang cepat ada juga yang lama... yang penting memang harus sabar...hehehe

    Wahh,,,jauh sekali dirimu mb di Virginia, nanti klo main ke Michigan mampir yaa ke Holland...:) Selamat menempuh hidup baru juga dengan pasangan...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Michigan deket ma canada kalo g salah wah jadi pengen jalan2 kesana.. Mudah2an kapan2 bisa ketemuan ya mba.. Makasih buat infonya ya aku juga baca pas ngurus2 kemarin.. See you kapan2 mba 😊

      Hapus
  40. Mb @Lia Palesang...

    iya mb deket, klo dari tempatku mau ke Niagara Falls yang di Canada Side kurang lebih cuma 6 jam an driving lewat perbatasan..:) sama - sama mb, amiiinnn semoga nanti mb bisa visit ke Michigan and ketemuan kita...hehehe

    Alhamdulillah blogku bisa membantu dan bermanfaat, walaupun cara penulisannya masih abal - abal...LOL!!!

    see you mb and welcome...:)

    BalasHapus
  41. Hallo mbak...
    Thanks sudah bikin blog ini. Sekarang aku bisa punya gambaran gimana nantinya, karena melihat baca yang versi inggris via the visajourney terus terang bikin pusing kepala hehehe. Aku book-mark biar gampang nyarinya. Semoga perjalananku juga lancar nantinya... Kalau ada yang nantinya tinggal di Daphne - AL ...bisa jadi meet up.

    BalasHapus
  42. hello mb @Christine Chen... Makasih yaa sudah mampir ke blog saya, semoga bermanfaat dan dimudahkan nanti pengurusan visanya...Aminnn

    saya ada temen yang tinggal di Alabama, tepatnya di Birmingham, AL... kurang tw juga berapa jauh itu dari Daphne, semoga nanti kalian bisa ketemu...:)

    BalasHapus
  43. Salam kenal semua btw Sy rati lgi ngurus visa k1 skrg tinggal tunggu email dr embassy di Jakarta btw ms cool bisa Bagi emailx Dan skpnya Insya Allah kl visanya dpt Sy Dan tunagan Akan berdomisili di Michigan, ini emailku Ratiriswanda@yahoo.co.id

    BalasHapus
  44. Salam kenal, ladies. Saya Nindha, beneficiary K-1 visa. Saya sekarang sedang menunggu jadwal medex dan setelah itu akan buat appointment dengan Embassy untuk interview. Pertanyaan saya untuk yang sudah pernah bikin appointment, berapa lama kira-kira sampai bisa mendapat appointment berdasarkan pengalaman? Terima kasih ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sis Aku jg lagi tunggu medical check up Insya Allah tgl 15 Juni, btw sis cuma di suruh lengkapi DS 160 ya, eng Ada DS 156K

      Hapus
  45. mb @ziyad alhanooti : Dimana Michigannya Mb ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah Alan stay di Dearborn heights

      Hapus
    2. I see... Klo dari Holland MI sekitar 2 jam an lebih, tapi banyak perkumpulan orang indo ko mb deket lansing and sekitar an area Detroit juga, banyak juga mahasiswa dari Permias... Semoga lancar yaa mb visanya.

      Hapus
  46. mb @Hanidha Vidyasti : yang pasti cepat ko mb dibls sama Usemnya... saya udah lupa berapa lama tepatnya, klo ga salah ga nyampe seminggu langsung dibalas.

    BalasHapus
  47. Mbak ini aku lagi, aku boleh minta private email ? thanks a ton!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mb...

      Aq jarang buka email, coba search aq di fb mb, namaku "Winda Cool"... Makasih.

      Hapus
  48. Mba kalau baru ketemu sekali bisa ajuin K1
    Ga?
    Thanks

    BalasHapus
  49. okey Mbak Winda. Aku add FB mbak ya. namaku masih sama ;)

    BalasHapus
  50. Sis gak ada option add.. tapi aku ada email sis mgkn jatuhnya di other folder
    Tolong di reply ya dari Alisah Zheng

    BalasHapus
  51. Mrs cool my visa was approved, thanks ya ;)

    BalasHapus
  52. Hi... Now I live in California...
    Alhamdulillah Dari ngajuin K1 visa sekarang otw ngajuin green card.. OMG segala proses dilancarin... Semoga yang lain juga...
    Good luck semua 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ka Cia, selamat udah di California skrg! Semoga ak bisa cpt nyusul, Kalo boleh aku minta email ka Cia? Untuk tanya" lgsg lewat email, ini email ak jili.anisa@gmail.com makasih

      Hapus
  53. Hallo semuanya, aku ikut senang untuk yg sudah sampai di United States, hari ini aku dapat email ini dr usem, setelah berkali2 tunangan email untuk menanyakan apakah package dr NVC sudah mrk terima atau blm, apakah email ini artinya aku udah boleh bikin appointment untuk medex atau apa ygharus aku lakuin selanjutnya, bingung...! Semoga ad yg bisa bantu kasih masukan, terima kasih semuanya
    Subject: K-1; JAK2015717003 - ANISA, Jili Nur
    Importance: High

     

    U.S. Embassy Jakarta have received the approved I-129F.

     

    Please complete the attached forms and submit them to the embassy within 4 months.

     

    Documents required for Fiancé(e) / K visa:

    1.       Passport must be valid for 8 months or more

    2.       DS-160 form https://ceac.state.gov/ceac/

    3.       Birth Certificate

    4.       Name change Certificate (if applicable from Petitioner or Beneficiary)

    5.       Death or Divorce Decree (if applicable from Petitioner or Beneficiary)

    6.       Military discharge, arrest, prison, court records; U.S. immigration documents (if applicable from Petitioner or Beneficiary)

    7.       Police Certificate

    Each applicant aged 16 or older must have police clearance from any country where the applicant resided for one year or more.
    To learn on how to get police certificates by country, please visit http://travel.state.gov/content/visas/english/immigrate/immigrant-process/documents/submit/documents-to-submit-to-nvc.html
    Please note Indonesian Police Certificate is not required.

    Original Affidavit of Support I-134 http://www.uscis.gov/i-134 from the Petitioner along with supporting evidence:
    a) One year U.S. income tax returns 1040 and W-2 (copies are acceptable)
    b) Bank statements or proof of assets
    c) Letter of employment or job offer
    Two identical passport size photographs of each applicant http://jakarta.usembassy.gov/visa/iv-photo-req.html
    10.   Medical examination report http://jakarta.usembassy.gov/visa/iv-med-exam.html

    11.   Evidence of relationships (photos, cards, letters, emails, etc.)

    12.   Receipt for non-refundable K-1 application fee, of USD 265.00, paid in IDR at current exchange rates at Standard Chartered Bank or Permata Bank up to six months before your appointment. Click here for Step By Step Procedure of US Embassy Visa Fee Payment in English or in Bahasa Indonesia

     

    For each document, the applicant must bring:

    ·         Originals or original certified copies by the issuing office

    ·         Photocopies of the original documents

    ·         All documents should be accompanied by English translations

     

    Please note :medical examination forms are available at the appointed clinic          

     

    When forms and documents completed, please send an email JakIV@state.gov to request for an interview date.

     

    Please provide your name and case number exactly as shown in this letter when communicating with this office.

     

     

    Regards,

     

    IMMIGRANT VISA UNIT

    BalasHapus
  54. Iya jilly kamu skrng harus buat janji u medical checkup Dan lengkapi semua dokument yg di minta, tp kemarin sy Tdk perlu u police certificate, military discharge n name change certificate Dan jgn lupa untuk Isi DS 160 tapi prepare foto buat visa dulu krn fotonya harus sm untuk form DS 160

    BalasHapus
  55. Halo semuanya. Namaku lenny. Ikut nimbrung ya. Kebetulan tunangan sdh submit petisi tgl 1 sept. Skrg nunggu email ttg penerimaan dokumennya. Masih tahap 1 nih moga2 semua dilancarin. Aku udah mulai nyiap2in dokumen juga berikut translationnya, vaksin juga spy nanti gak tll byk kurangnya. Dulu sempet ngajuin turis visa utk ktm keluarganya tp ditolak 2x dan disaranin lsg ajuin fiance visa. Lumayan stress nih buat dokumen2nya. Yg aq bingung, ortu ku masih nama chinese di akte lahir sy. Perlu surat ganti nama mereka berikut translationnya gak ya? Namaku sih udah nama Indo dan sesuai akte lahir. Terus dokumen utk relationship proofs apa aja? Foto, email logs dan call logs ada. Perlu chat logs juga? Seberapa banyak? Karena byk juga private convos ttg keluarga dll yg aq juga gak mau org lain tau. Makasih pencerahannya. Mbak mrs. Cool boleh kontak lwt email gak utk referensi nya? Emailku l3nz86@gmail.com. Makasih byk mbak..

    BalasHapus
  56. Halo mbak Winda dan semuanya.. Namaku Amalia 27 th. . Tunanganku juga sudah submit petisi k1 bulan september awal kemarin. Sama nih Sama mbak Lenny.. Untuk Mbak winda saya izin add fb nya ya mbak.. mau nanya2 nanti terutama seputar nikah disana dll. :)
    Sukses buat semua nya ya yg lg proses k1 ya.. Oh iya nanti aku insya Allah stay di di wadena minnesota, adakah yg di sekitar minnesota mbak semua? Terima kasih ya mbak

    BalasHapus
  57. Hallo semuany maaf ya saya mau nanyak ni klo tunaganku pemegang green card boleh ngak ya...

    BalasHapus
  58. Hallo semuany maaf ya saya mau nanyak ni klo tunaganku pemegang green card boleh ngak ya...

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. Hai salam kenal semua ...
    Saya sekarang lagi nunggu email kapan bisa diambil paspor nya, karena tgl 15 des kemaren sudah di interview dan di approve.
    Proses saya cukup cepat dari masukin petisi sampai jadwal interview sekitar 3 bulan.
    Ada yg mau saya tanyain disini .. kira2 brp hari ya kita bisa dapat visanya? Karena saya sdh beli tiket tgl 28 des2015 .. dan sampai hari ini visa saya belum keluar.
    Waktu di interview saya sempat tanya ke consular kapan bisa dapat visa, dijawab 1 mggu.makanya saya beranikan diri lsg beli tiket.
    Saya sdh tlp ke embassy utk menanyakan status paspor .. dijawab ... maaf sistem pending.
    Nah ladies ..ada yg tau gak apa artinya?

    Tq bisa berbagi disini

    Rita Maya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sis nanya dong .. Pas di interview ditanyain apa aja ? Trus diminta rekening tabungan kita ga ? Trus ditanya gak kita kerja / pengangguran ? Tx :)

      Hapus
  61. Hai salam kenal semua ...
    Saya sekarang lagi nunggu email kapan bisa diambil paspor nya, karena tgl 15 des kemaren sudah di interview dan di approve.
    Proses saya cukup cepat dari masukin petisi sampai jadwal interview sekitar 3 bulan.
    Ada yg mau saya tanyain disini .. kira2 brp hari ya kita bisa dapat visanya? Karena saya sdh beli tiket tgl 28 des2015 .. dan sampai hari ini visa saya belum keluar.
    Waktu di interview saya sempat tanya ke consular kapan bisa dapat visa, dijawab 1 mggu.makanya saya beranikan diri lsg beli tiket.
    Saya sdh tlp ke embassy utk menanyakan status paspor .. dijawab ... maaf sistem pending.
    Nah ladies ..ada yg tau gak apa artinya?

    Tq bisa berbagi disini

    Rita Maya

    BalasHapus
  62. Hai salam kenal semua ...
    Saya sekarang lagi nunggu email kapan bisa diambil paspor nya, karena tgl 15 des kemaren sudah di interview dan di approve.
    Proses saya cukup cepat dari masukin petisi sampai jadwal interview sekitar 3 bulan.
    Ada yg mau saya tanyain disini .. kira2 brp hari ya kita bisa dapat visanya? Karena saya sdh beli tiket tgl 28 des2015 .. dan sampai hari ini visa saya belum keluar.
    Waktu di interview saya sempat tanya ke consular kapan bisa dapat visa, dijawab 1 mggu.makanya saya beranikan diri lsg beli tiket.
    Saya sdh tlp ke embassy utk menanyakan status paspor .. dijawab ... maaf sistem pending.
    Nah ladies ..ada yg tau gak apa artinya?

    Tq bisa berbagi disini

    Rita Maya

    BalasHapus
  63. Boleh tanya gak mbak, ntar medical check up nya apa aja yang dibpriksa, terus ntar gimana lg, mohon di jawab ya mbak

    BalasHapus
  64. hi all,

    salam kenal semua aku Ina jakarta, first of all selamat yaa buat teman2 yang sdh lewati proses k1,klo aku tanggal 21 desember 2015 kemarin casenya br diterima (statusnya "received") skrng masih sangat harap2 cemas karna gak tau akan di approve kapan dr pihak uscis, kalo baca dari pengalaman ladies2 disini semua beda2 untuk termin waktu sampe dapet approval...mohon pencerahann dari teman2 semua apa ada tips khusus agar waktu tunggu ini engga makan waktu lama...thanks a lot ladies

    BalasHapus
  65. Dear,
    Mrs. Cool

    Saya Devy, Visa K1 ku uda di approve, waktu Mba beli tiket ke USnya, apakah harus beli yang return or one way tickets? Tunangan saya sudah membeli one way tickets karena kami akan segera menikah begitu sy sampai di US, namun banyak teman teman yg bilang harus beli returns tickets, Adduu sy jd bingung, help me please?

    Thank you before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mb Devy...

      Beli tiket nya one way aja mb, ga harus return ko...:)

      Hapus
  66. Hello Ms. Cool,

    aku julie dari jakarta

    Aku boleh minta email mbk? ada beberapa pertanyaan yg ingin aku tanyakan sama mbk mengenai fiancee visa khususnya medical check up. Karna tunangan Amerika saya suruh saya nanya soal medical inoculation apa yg harus diberikan kepada saya.
    Tlong dibalas ya mbk.. soalnya tahap kita sudah sampai pengisian petition dia..
    Makasih sebelumnya Mb.

    Julie

    BalasHapus
  67. Saya sudah dapat surat dari kedutaan di jakarta dan dikasih tau document apa aja yg hrs disiapkan. Apakah perlu vawa surat kelakyan baik sari kepolisian? Setelah dpt email ini step berikutnya apa ya mba? Medex apa langsung aja datteng ke rumah sakitnya atau hrs isi form dulu .mohon dibantu... utk next step nya... bingung mau mulai dari mana...

    BalasHapus
  68. Hi mba saras bagaimana perkembangan visanya ? Approved ?
    Salam kenal saya dinda, lagi prosesK1 juga :)

    BalasHapus
  69. Ladies mau nanya ... Kalo tabungan saya dikit trus saya gak kerja . bakal jadi masalah gak utk visa k1 ini ? Tx jawabannya :)

    BalasHapus
  70. Mohon infonya dong, @Mrs Cool, Mba @Irna Manurung, dan yg lainnya. Sy rencana ajukan fiance dgn American Black Man. Dia di New York. Maret 2018 dia ke Indo. Bener ga sih usia yg terpaut jauh bakal jadi problem? Beda usia sy 17 thn. Emang sy senangnya yg tua, hehe. Minta no kontak dong buat sharing. Ini alamat email saya. waty_intana@yahoo.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer