Tahap Terakhir "Adjustment Of Status" (AOS)

Selamat buat teman - teman yang telah berhasil mendapatkan Visa K-1 nya, tapi perjuangan belum berakhir lhoo !!! masih ada tahap selanjutnya yang harus diikuti...hihihi :))
Buat yang sudah terbang kesini saya mau mengucapkan: 

 "WELCOME TO THE UNITED STATES OF AMERICA"




Jadi teringat pengalaman pertama kali menginjakan kaki disini di  O'Hare International Airport Chicago. Rute penerbangan saya waktu itu Jakarta - Incheon - O'Hare dengan menggunakan pesawa Korean Airlines, perjalanan panjang yang melelahkan untungnya saya transit cuma 4 jam di Incheon lalu lanjut ke Chicago, disana suami udah siap - siap menunggu dan setelah itu kami harus melanjutkan perjalanan darat sekitar 2 jam an ke Holland,Michigan. Rasanya masih seperti mimpi bahwa saya sudah sampai di Negeri Paman Sam dan bersama calon suami saya...:) <3 <3 

Untuk persiapan pernikahan, kami membutuhkan waktu sekitar 3 minggu dikarenakan saya sempat sakit dalam penyesuaian perubahan cuaca, waktu saya datang kesini sudah memasuki musim gugur dan cuacanya sudah mulai dingin...But doesn't matter :) tahap pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan marriage license dari county tempat kami berdomisili, cukup datang ke county setempat dengan membawa passport, akte lahir (asli & yang ditranslate ke bahasa inggris) lalu melakukan pembayaran (tiap - tiap state berbeda nominal pembayarannya). Contoh marriage license di Michigan :




Setelah menikah otomatis visa K-1 tersebut sudah tidak berlaku lagi, tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah "Adjustment Of Status" (AOS). Saya dan suami tidak langsung mengurus AOS saya dikarenakan satu dan lain hal, kami baru sempat mengurus setelah 4 bulan pernikahan berlangsung. Selama prosesnya kita tidak dibolehkan keluar dari USA, tapi masih boleh ko kalau mau jalan - jalan sekitar state. Dokumen yang dibutuhkan untuk AOS antara lain :

1.Form I-485, Application to Adjust Status
2. Form G-325A, Biographic Information Sheet Form
3. Form I-864 or Form I-864EZ Affidavit of Support
4. Form I-693, Report of Medical Examination and Vaccination Record
5. Form I-765, Application for Employment Authorization (Work Permit) =>Untuk Employment Authorization didapatkan setelah melakukan "Biometric"
6. Form I-131, Application for Travel Document (Travel Permit)


Jangan lupa untuk pembayarannya yaa, kami waktu itu harus bayar sekitar $1.400 lebih. Untuk dokumen lain yang dibutuhkan adalah :

  1. A copy of the I-129F Approval Notice; 
  2. A copy of the foreign national spouse’s biographic page of the passport (a separate copy should also be included with the I-765 and the I-131); 
  3. A copy of the foreign national spouse’s K-1 visa and I-94 Arrival/Departure Record, front and back; 
  4. A copy of the foreign national spouse’s birth certificate;
  5. A copy of the Marriage Certificate; 
  6. 4 passport-sized photographs- guidance on photo specifications can be found here and here.  The foreign national applicant’s full name and A-number should be written with a pencil or felt-tipped pen on the back of each photograph; 
  7. A copy of any EAD cards issued to the foreign national should be included with the I-765 application.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat dibaca disini : http://www.visapro.com/Immigration-Articles/?a=1598&z=36 


Dokumen yang dikirimkan ke USCIS untuk AOS biasanya hanya memakan waktu 3 minggu sampai 1 bulan, setelah itu baru mendapatkan mail untuk melakukan Biometric, Biometric ini antara lain mulai dari pengambilan sidik jari dan foto. Apabila Biometric telah selesai dilakukan nanti kita akan dikirimkan kartu Employment Authorization by mail, contoh dari kartu tersebut adalah :






Beberapa bulan setelah itu baru kita akan mendapatkan jadwal untuk interview, karena kami berdomisili di Michigan. Untuk Interview kami harus ke USCIS di Detroit yang jaraknya 3 jam an dari rumah, jadi mau ga mau kami harus menginap di Detroit karena interview dilakukan pagi hari. Sekitar jam 8 an kami sudah sampai di gedung USCIS sambil membawa dokumen yang dibutuhkan, waktu baru masuk pemeriksaannya sama seperti pemeriksaan di US Embassy yg dijakarta, ga boleh pakai ikat pinggang,USB dan earphone dititipkan,jam tangan juga. setelah itu tunjukan surat untuk interview dan passport, lalu akan diberikan no antrian.




 Sebelum interview nanti no antrian kita akan dipanggil untuk pengecekan data lagi, yaitu surat appoitment untuk interview,passport dan akte lahir. lalu menunggu lagi sampai nama kita dipanggil :)






Banyak sekali ruang - ruangan yang dipergunakan untuk interview, dalam case kami saya dan suami di interview bersamaan dalam satu ruangan. Ada juga lho yg diinterview dipisah ruanganya (sendiri - sendiri). Suami saya ga ditanya apapun, yang paling banyak ditanya saya, kebanyakan jawabannya "Yes or No" . Contoh pertanyaan yang ditanyakan oleh pewawancara adalah :

Pewawancara : Pernahkah terlibat kriminalitas ?
                             Pernahkah terlibat jaringan teroris ?
                             Pernahkan mengikuti kegiatan militer ?
                             Pernah datang ke USA ilegal ?

Begitulah kira - kira contoh pertanyaanya, setelah itu si pewawancara memberikan kami nasehat - nasehat  dan terakhir katanya saya akan memperoleh greencardnya dalam waktu 2 minggu sampai 3 bulan. Lega rasanya setelah interview..:)


2 minggu kemudian GreedCard saya sudah dimailkan...Yayyy !!! saya dapat Permanent Resident yang 2 tahun karena pernikahan kurang dari 2 tahun. Biasanya untuk yg memakai visa CR-1 dengan pernikahan yang lebih dari 2 tahun akan mendapatkan GreenCard yang 10 tahun... Akhirnya bisa bebas keluar masuk US deh tanpa harus mengurus visa lagi, segala jerih payah kami terbayar juga...:)

Contoh Green Card







Selamat berjuang teman - teman... Jangan pernah putus semangat yaa...(^__^)V 
                             
 

Komentar

  1. Makasih banyak infonya mba... sangat2 membantu sekali

    BalasHapus
  2. saya mau tanya mba,,saya sudah menikah dan sedang mengurus green card kami tapi hingga kini belum ada pemberitahuan atu email dari pengacara kami. yang ingin saya tanyakan adalah apakah saya harus masih menunggu karena visa saya akan segera berakhir pada tanggal 16 november ini.
    terima kasih mba sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mb Lusi...:)

      Biasanya 3 minggu setelah dokumen AOS dikirim setelah itu ada mail pemberitahuan untuk Biometric... Coba tanya ke lawyer mb, kenapa masih blm ada balasan ? apakah ada kekurangan dokumen yang dibutuhkan ?

      saya dan suami waktu itu urus sendiri mb, ga pake lawyer... jadi yang berhubungan dengan lawyer saya juga kurang tahu jelasnya bagaimana. Cuma bisa ngasih saran gitu aja mb... Maaf yaa..:(

      Semoga nanti cepet dapat mail buat Biometricnya...amin
      dan terimakasih telah berkunjung ke Blog ini...:)

      Winda Cool...

      Hapus
  3. Halo Mbak..Blog ini sangat membantu. Kami baru saja menikah seminggu lalu,,.. Jadi yang sekarang saya harus siapkan pertama kali adalah form I-485 ya? terima kasih Mbak...

    BalasHapus
  4. halo mba apa kabarnya?, mau tanya kalau kartu employment permit bisa kita terima berapa lama abis pengajuan AOS, bisa ngga kalo kita apply job sambil nunggu kartu dateng...thanks.

    BalasHapus
  5. Hello mb @Dini Adams

    semua dokumen yang diminta mb harus dilengkapi dan fee nya sekalian sewaktu dokumennya mau dikirimkan...

    BalasHapus
  6. Hello mb @Momo Matsumoto

    ALhamdulillah kabar baik...mb apa kabar ? untuk AED nya biasanya 2 minggu setelah melakukan Biometric mb...untuk Biometric sendiri paling cepet 3 minggu setelah pengajuan AOS, jadi total untuk mendapatkan AED nya paling cepat 5 mingguan mb...Good luck yaa...:)

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Halo mba winda, mau tanya untuk green card setelah 2 tahun berarti harus perpanjang lagi kan? dikenakan fee berapa ya mba untuk perpanjangannya? dan apakah setelah 2 tahun green card selanjutnya diberikan batas waktu yang lebih panjang? misal jadi 5 tahun?

    terimakasih banyak

    BalasHapus
  9. @crazypinkcat iya mb 90 hari sebelum GC mb yang 2 tahun expired harus diperpanjang lagi namanya Removal Condition untuk mendapatkan GC yang 10 tahun, itu biayannya kurang lebih $600 an mb...:)

    BalasHapus
  10. Terima kasih Mbak atas bantuannya. Semua proses saya juga lancar..

    BalasHapus
  11. mb @Dini Adam...Congratulation mb Dini... Welcome to USA yaa...:)

    BalasHapus
  12. Halo mbak, kalo copy birth certificate bisa gak ya buat apply marriage license karena saya sudah menyerahkan dokumen birth certificate yg asli waktu apply k1 visa...saya tinggal di eagle river, Wisconsin

    BalasHapus
  13. Saya pernah status witholding removal tapi sdh di indo apa bisa urus visa lagi ke amerika,,

    BalasHapus
  14. Mau nanya nih mbak ....
    Kita harus apply green card setelah berapa lama menikah
    Maksud nya di kasih jangka waktu berapa lama ?

    BalasHapus
  15. Hello mbak makasih atas infonya & salam kenal
    saya mau tanya untuk exam record nya ketika apply AOS setelah menikah apa harus medical lagi di USA atau bisa dipake hasil exam waktu pengurusan K1 visa yang dari Indonesia buat apply AOS nya?

    BalasHapus
  16. @Keke Herlina,

    Hello mb keke, salam kenal.

    Biasanya sih ga disuruh Medical Exam lagi. Tetapi buat some case ada yang disuruh ulang (Dari pengalaman teman saya)... Buat yang disuruh ulang itu nanti biasanya dikasih notifikasi sebelum interview di USCIS nya... Klo ga mb ga ada dapet notifikasi dari mereka jadi jangan khawatir yaa...:) I wish you the best mb and Good luck :)

    BalasHapus
  17. Hello mba apa kabarnya..
    Mba aku lagi ikut program aupair, mau tanya dong. .
    Memang untuk ke amrik harus ada deposit di bank sekian ribu dollar ya..
    Boleh minta emailnya mba, please.. Need more information soalnya..

    BalasHapus
  18. Although you are a qualified applicant for K-1 visa you still have to go through a lot of procedures and processes for you to be able to change your status into a permanent resident of the USA. After securing your visa application the nest step will be for your visa interview which in most cases is the reason why applicants fail because they can't properly answer the questions given to them by the interviewers.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer