Turis Visa Amerika Untuk Orang Tua (B1/B2 Visa)



US Tourist Visa (B1/B2) For Parents

 Hello Readers,

Udah lama banget yaa saya tidak update blog ini. Semoga blog ini masih ada manfaatnya untuk kalian semua para pembaca setia dalam mencari informasi mengenai Visa Amerika. Walaupun blog ini sudah tidak up to date lagi. Paling tidak bisa memberikan gambaran step by step yang harus dilalui. 

Anyway, kali ini saya akan membahas mengenai US Tourist Visa atau B1/B2 visa. Untuk kalian yang stay di Amerika pasti ingin orangtua, adik atau saudara lainnya berkunjung ketempat kalian tinggal. Ataupun hanya untuk sekedar berlibur ke negeri Paman Sam. 

Seperti kalian ketahui untuk pengurusan visa turis agak susah - susah gampang, not sure how to wording it..LOL!!! ada juga yang bilang tergantung dari keberuntungan kalian saat interview. Well, karena saya bukan expert dalam hal ini, tetapi saya akan berbagi sesuai dengan pengalaman saya dalam pengurusan visa untuk kedua orang tua.

Sebelumnya saya boleh cerita ga ? Soalnya untuk mendapatkan visa orang tua saya ini butuh perjuangan yang lumayan panjang...hehehe Mulai dari bujuk mereka untuk datang kesini dari tahun ke tahun tapi mereka selalu nolak dan akhirnya pada pertengahan tahun 2019 baru lah mereka mengiyakan ajakan saya. I was so happy and excited, akhirnya kan :D

1. Persiapan pertama yang harus kami lalui yaitu membuatkan Passport untuak kedua orang tua saya, maklumlah kita orang kampung, jadi orang tua belum pernah travel onboard. Setelah semuanya selesai, orang tua harus terbang ke Jakarta untuk membuat photo Visa. Buat yang satu ini, I am not sure apakah di daerah lain bisa buat photo visa Amerika or ga ? Pokoknya waktu itu karena saya punya adek di Jakarta, saya bilang ke orang tua ke Jakarta aja lansung sekalian visit cucu yang di Jakarta.

2. Persiapan kedua, setelah photo jadi, saya langsung isikan DS-160, ini linknya https://ceac.state.gov/genniv/

Perlu diketahui, untuk keluarga pengisian DS-160 harus linked jadi nanti nomor konfirmasinya sama, biasanya setelah pengisian yang pertama nanti diakhir ada next for family, something like that. Saya lupa waktu itu untuk fotonya, dibawah ini akan saya posting contoh DS-160 yang telah terisi :

Contoh DS-160 yang sudah diisi


Satu persatu nama keluarga akan keluar dengan nomor konfirmasi yang sama. 

Dibawah ini ada link contoh PDF untuk pengisian DS-160, silahkan di print dan dipelajari klo teman - teman mau :



3. Langkah yang ketiga yaitu, melakukan pembayaran. Nah disinilah kenapa DS160 nya harus dilinked. Karena disaat melakukan pembayaran akan keluar berapa total fee nya per keluarga. Jika yang mendaftar ada 5 keluarga, total feenya akan keluar untuk 5 orang didalam satu formulir. Kalau tidak di linked, tiap orang dapet satu form untuk pembayaran yang nanti takut bermasalah pas di Banknya. Ini contoh form pembayaran setelah pengisian DS-160 :

Form Pembayaran Visa


Disana ada expiration datenya, biasanya setelah mengisi DS-160 dikasih waktu 3 harian untuk melakukan pembayaran. Kalau ga harus print form lagi. Untuk pembayarannya ke Bank CIMB Niaga, cukup bawa form ini dan uang pembayaran yang sudah di convert ke rupiah, sesuai dengan kurs USD saat itu. Didalam form ini ditulikan sih berapa jumlah total nominalnya perkeluarga, klo dalam USD waktu itu sekitar $160 an per orang. Setelah melakukan pembayaran akan mendapatkan formulir seperti ini :

Bukti Pembayaran


4. Waktu itu saya langsung email US Embassy di Jakarta untuk membuat jadwal interviewnya, dan mereka memberikan saya link ini  untuk jadwal interview  : https://cgifederal.secure.force.com/?language=English&country=Indonesia


Untuk Penjadwalan Interview

Nah dari sinilah awal penantian kami dimulai...LOL!!! jadi waktu itu orangtua dapat jadwal interview tanggal 19 Maret 2020 pada hari Kamis jam 08.00 pagi. Disaat itu Covid baru ngencar ngencarnya tuh, lagi booming banget. Jadi pada hari Rabu tanggal 18 Maret 2020 ternyata US Embassy di Jakarta ditutup. Semua appointments dibatalkan dengan waktu yang tidak ditentukan. Waktu itu info yang saya dapat setalah melakukan pembayaran, mereka kasih extention satu tahun sesuai dengan tanggal pembayaran untuk melakukan jadwal interview, kalau tidak feesnya akan hangus. Kebayang ga sih bagi kita yang tinggal diluar kota. Harus bolak balik lagi. Waktu itu saya masih agak tenang, soalnya nothing to rush juga, namanya juga Pandemi kan.

Buat beberapa bulan tuh website schedulenya ga bisa di access untuk Non Immigrant Visa, US Embassy mendahului Immigrant visa dulu. Karena banyak yang pending process visanya. Sekalinya dapet yang available harus cepat cepat di clicked biar ga keduluan yang lain. Jadwal interview untuk orang tua saya sampai di reschedule tiga kali karena lockdown, untungnya US embassy menambah extention nya jadi sampai December 2021 untuk penjadwalan interview.

Long story short, orang tua saya dapet jadwal interview pada bulan Juni 2021. Well, sebelum interview dimulai ada juga kendala yang lainnya, DS160 nya error baru yang ke downloand buat Ibuk saja tapi yang untuk ayah ga keluar...LOL!!! will continue in the next blog for this one...:D 

Appointment Confirmation


Udah kepanjangan soalnya...hehehe Jadi disaat mengisi jadwal interview di websitenya, saya pilih jenis visa B2. 

Tourism B2 Explanation

Documents yang dibutuhkan dalam pengisian DS-160 :



Sampai disini dulu yaa, nanti saya sambung lagi. Harus masak nih...hehehe



Terimakasih :)












Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer