Emergency Request Untuk Turis Visa Amerika

 

How To Apply Emergency Request

Hello Readers,

Saya kembali lagi dengan tema "How to apply emergency request for US Tourist Visa (B1/B2 Visa) ?"

Seperti yang kalian ketahui di part pertama, setelah melalui beberapa kendala untuk visa orang tua saya. At this point visa yang di approved baru visa untuk ibu saya saja. Dikarenakan DS-160 ayah saya tidak terprint or incompleted document. 

Jadi setelah jadwal interview didapatkan, sebelum interviewnya berlangsung ada pemeriksaan kelengkapan documents, disinilah kami mengetahui bahwa DS-160 untuk ayah saya tidak terbawa. Sebenarnya orang embassynya memberi waktu 15 menit untuk memprint DS-160 itu. Ketika adik saya menghubungi saya, saya sempat panik waktu itu, masalahnya saya tidak bisa meretrieve DS-160 yang telah dibuat. Akhirnya orang embassynya memberikan suggestion untuk melakukan Emergency Request dengan memberikan surat Invitation to Return, seperti dibawah ini :


Invitation To Return Letter

Dengan surat ini, saya harus menghubungi pihak embassynya lagi untuk me-reschedule appointment. Dengan cara log in di website penjadwalan sebelumnya. Karena saya tidak bisa me-retrieve DS-160 yang lama untuk ayah saya, jadi saya harus membuatkan DS-160 yang baru.  No slip pembayaran linked dengan no DS-160 yang lama. Jadi disaat saya membuat new appointment untuk emergency request saya mengalami kendala. Akhirnya saya mengirimankan Feedback ke US Embassy melalui website penjadwalan tersebut. Contoh Seperti dibawah ini :

Website Janji Temu


Feedback 


Di area "Reason" ada kategori Emergency request. Jadi pilih yang itu yaa. Setelah itu saya submitted surat invitation to return yang diberikan oleh pihak US Embassy yang di Jakarta. In other case kalian bisa gunakan ini juga untuk keperluan yang mendadak, seperti jika ada pihak keluarga yang sakit dan harus berangkat sesegera mungkin. Nanti tinggal upload lampiran documents yang dibutuhkan seperti surat keterangan dari Dokter dan lain sebagainya. 

Tidak hanya itu saja, saya juga mengirimkan email kepada US Embassy seperti dibawah ini :

Email dari Saya

Balasan Email dari Embassy

Saya juga akan lampirkan informasi yang bisa dihubungi untuk US Embassy yang ada di Jakarta, Indonesia :

US Embassy Jakarta

Akhirnya setelah menunggu kurang lebih 3 harian (Business Days), saya mendapatkan Email lagi dari embassy yang menyatakan Emergency Request saya di Approved. Yayy !!! 😍


Approval Email for Emergency Request 

Setelah menerima email ini, tinggal log in di link yang diberikan, dan direschedule tanpa harus menunggu lama. Untuk waktu interviewnya sekitar satu atau dua menitan tapi sangat crusial dalam menentukan status visa di terima atau tidaknya.

Pertanyaan yang ditanyakan kepada orang tua saya juga cukup basic, seperti :

  • Ada keperluan apa di Amerika ?
  • Berapa lama disana ?
  • Apakah ada cucu ?
  • Berapa orang anak ?
  • Dengan siapa nanti pergi ke Amerika ?
  • Apakah pasangan anda sudah mendapatkan Visa ?

Kurang lebih seperti itu. Mereka menanyakan dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Satu hal yang saya ingatkan kepada orang tua saya disaat melakukan interview. Berikan jawaban yang singkat, tepat, padat dan harus percaya diri.  Apa yang ditanyakan itu yang dijawab. Alhamdulillah, akhirnya dengan penantian panjang dan berbagai macam kendala. Visa ayah saya juga di Approved. 

Visa Approval Letter


Rencananya waktu itu setelah dapat Visa, Ayah dan Ibu saya akan segera terbang ke Amerika. Tetapi kenyataannya, Indonesia pada saat itu harus locked down lagi dan harus melakukan vaksin sebelum penerbangan. Dan ibu saya sakit, untungnya ticket pesawat yang saya beli "Free Cancelation" jadi bisa di cancel kapan saja.

Long Story Short, Akhirnya ayah dan ibu saya dapat berkunjung di bulan May tahun ini (2022). Mereka Stay kurang lebih dua bulanan disini. 😁

Ayah and Ibuk di Windmill Island (Tulip Festival)


Demikianlah, pengalaman saya kali ini dalam pengurusan visa orang tua untuk berkunjung ke Amerika.
Sekali lagi, saya bukan expert dalam hal ini, tetapi saya ingin berbagi dengan kalian semua melalui pengalaman yang telah saya lalui. Semoga blog ini dapat membantu untuk memudahkan teman teman dalam mencari informasi.

Jika ingin bertanya, feel free to DM me on My Instagram :  @awiendcool

Nanti di next blog saya akan membahas mengenai Supporting Documents yang saya kirimkan dari Amerika untuk keperluan tambahan dalam pengurusan Tourist Visa ini.

Sampai bertemu di Cerita Selanjutnya yaa, Salam ❤❤❤.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer